Gedung Student Center Lt.3 No.15 Kampus UIN SGD Bandung. Jln, A.H Nasution No.105, Cibiru-Bandung, Bandung LPM SUAKA UIN SGD Bandung © 2020

Pengrajin Golok Cibatu

LENSASUAKAONLINE.COM – Tak dipungkiri kehidupan warga Indonesia turut bergantung kepada para petani. Dalam kegiatan sehari-hari, alat yang tak akan luput membantu para petani ialah golok salah satu daerah yang terkenal sebagai produsen golok terbaik terletak di Kampung Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Tak hanya memproduksi golok petani saja, salah satu jenis golok yang terkenal yaitu jenis baja selap. Jenis ini merupakan gabungan dari baja dan besi sebagai bahan dasar dari golok tersebut. Dengan gabungan itu golok menjadi lebih kuat dan ketajamannya awet tanpa perlu sering di asah. Karena kekuatan itulah, golok ini terkenal hingga peminatnya berasal dari mancanegara.

Waktu pembuatan satu bilah golok ini menghabiskan waktu selama empat hari. Bukan sekadar mengandalkan kekuatan saja, nilai estetika golok turut di kedepankan, golok bisa di desain sesuai dengan identitas pemiliknya.

Golok sendiri menjadi bagian dari hidup warga Cibatu dengan menjadi pusat produsen senjata tajam. Warga Cibatu menjadikan golok sebagai usaha kolektif warga dengan cara membagi proses pembuatan golok mulai dari penempaan hingga pemasangan sarung golok oleh pihak yang berbeda tergantung spesialisasinya.

Dari situlah warga menyebut proses ini dengan istilah berbagi rezeki yang juga menjadikan hasil  pembuatan golok  lebih maksimal. Identitas  yang sudah melekat tersebut memunculkan istilah “Kemana pun warga Cibatu mengembara, pasti akan selalu melakukan kegiatan yang berhubungan dengan besi”.

Maulana Althaf Husein/Fotografer

Rizky R Hariri               / Redaktur



Leave a comment