Gedung Student Center Lt.3 No.15 Kampus UIN SGD Bandung. Jln, A.H Nasution No.105, Cibiru-Bandung, Bandung LPM SUAKA UIN SGD Bandung © 2020

Menggais Rupiah dengan Ontel

Wisata Kota Tua Jakarta tidak melulu tentang bangunan bersejarah. Traveler pun bisa menikmatinya lewat wisata keliling naik sepeda onthel.

Bagi traveler yang sudah pernah berwisata ke Kota Tua Jakarta, tentu tidak asing dengan keberadaan sepeda onthel warna-warni yang menghiasi Alun-alun Fatahillah. Namun tidak hanya bisa disewa untuk keliling Kota Tua, mereka juga menawarkan paket wisata keliling Kota Tua.

Hal itu pun diungkapkan oleh salah satu anggota Paguyuban Onthel Kota Tua yang bernama Samsuri (63), Minggu (6/11/2018). Sehari-harinya, Samsuri pun menawarkan sepeda onthelnya pada pengunjung di Kota Tua Jakarta. Per 30 menit, ia mematok harga Rp 20 ribu per sepeda. Harga yang masih ramah kantong traveler.

Diakui oleh Samsuri, usahanya pun mengalami pasang surut. Adapun pemasukan baru sedikit terasa pada weekend yang lebih ramai wisatawan.”Sekarang agak menurun karena kurang promosi. Dulu 2009-2013 puncaknya. Dulu tiap pangkalan bisa pasang banner, tapi sempat dilarang. Padahal kita kan juga bikin Kota Tua lebih hidup,” cerita Samsuri.

Apabila traveler berencana untuk berwisata ke Kota Tua Jakarta akhir pekan ini, mungkin bisa sekalian memakai jasa sepeda onthel pak Samsuri. Hitung-hitung bisa melihat Kota Tua Jakarta dari sisi lain yang berbeda.

 

FOTOGRAFER: HARISUL AMAL

REDAKTUR: HARISUL AMAL



Leave a comment