Gedung Student Center Lt.3 No.15 Kampus UIN SGD Bandung. Jln, A.H Nasution No.105, Cibiru-Bandung, Bandung LPM SUAKA UIN SGD Bandung © 2020

Kota Mati Dibalik Waduk Jatigede

Hingga akhir September 2018, beberapa daerah di Jawa Barat masih mengalami kemarau. Salah satu daerah yang parah terkena dampaknya adalah Waduk Jatigede di Sumedang, air yang surut membuat salah satu waduk terbesar di Jawa Barat ini mengalami kekeringan.

Dibalik kekeringan yang melanda, Sabtu (29/9/2018). Reruntuhan rumah warga yang dulu dibenamkan kembali terlihat. Pemandangan pun tampak seperti layaknya sebuah kota mati. Bagaimana tidak, waduk yang dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pada tahun 2015 ini sejatinya adalah puluhan desa dari empat kecamatan yang ditenggelamkan.

Kekeringan ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memungut kembali puing-puing bekas rumahnya yang masih layak digunakan. Sementara itu, pemandangan yang unik pun membuat waduk seluas 5 hektare ini menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dari dalam dan luar kota sebagai tempat wisata baru.

 

FOTOGRAFER: HARISUL AMAL

REDAKTUR: HARISUL AMAL



Leave a comment