Gedung Student Center Lt.3 No.15 Kampus UIN SGD Bandung. Jln, A.H Nasution No.105, Cibiru-Bandung, Bandung LPM SUAKA UIN SGD Bandung © 2020

Geliat Industri Sablon Manual

Bicara soal pakaian tidak cuma tentang kain dan jahitan.  Bagi pengguna kaos misalnya, gambar di depan atau di belakang kaos selalu menjadi hal penting hingga si pengguna merasa percara diri mengenakannya.  Ya, sablon di kaos pun kerap kali dipertanyakan soal kualitas sablon itu sendiri. 

Di era serba mesin ini sablon manual masih tetap bergeliat ikut meramaikan industri pakaian hingga kini.  Walau sudah banyak sablon printing, sablon manual masih mampu bersaing. Bersenjatakan meja, bak sablon, rakel dan cat gambar ciamik nan cantik pun akan terpampang indah di atas kain baju. 

Harga sablon yang disesuaikan dengan sedikit banyaknya gambar yang dipesan menjanjikan kualitas terbaik dari tangan-tangan lihai seniman sablon.  Praktisi samblon, Jek misalnya, dia mengungkapkan bahwa sablon manual masih sangat diminati karena kualitas yang menjanjikan. “Sablon manual masih lebih kuat dari yang printing”, ungkap pria ramah ini,  Kamis (27/6/2019).

 

Fotografer: Yosep Saepul Ramdan

Redaktur: Harisul Amal



Leave a comment